Cara Mengaktifkan Fasilitas Komentar Pada Dokumen PDF


Adobe Reader 8 adalah salah satu program komputer yang tersedia secara gratis dan memberikan kemudahan bagi pengguna komputer untuk melihat isi dokumen berformat .pdf (Portable Document Files). Secara default, fungsi dari program ini hanya bisa digunakan untuk melihat isi dari dokumen berformat .pdf, tanpa adanya fasilitas untuk melakukan modifikasi atau pengeditan. Berbeda dengan Adobe Acrobat 8 Professional versi berbayar (non free) yang menunjukkan bahwa program ini tidak hanya bisa digunakan sebagai media pembaca dokumen .pdf saja, tetapi si pembuat dokumen PDF memiliki akses untuk mengaktifkan fasilitas komentar pada sebuah dokumen. Jadi, si pembuat dokumen PDF dapat menerima komentar dari orang lain yang telah membaca dokumen tersebut sehingga ada umpan balik antara pembaca dengan pembuatnya. Namun ada hal yang perlu dicatat yaitu saat fasilitas komentar sudah diaktifkan pada sebuah dokumen PDF, si pembuat dokumen PDF tersebut sayangnya tidak dapat mengeditnya lagi.

Bagi pengguna Adobe Acrobat 8 Professional hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena Kamu bisa membuat salinan dari dokumen PDF terlebih dahulu. Langkah-langkah dibawah ini dapat kamu manfaatkan untuk mengetahui cara mengaktifkan fasilitas komentar pada Adobe Acrobat 8 Professional :
  1. Buka program Adobe Acrobat 8 Professional dari komputer Kamu
  2. Klik menu “File” kemudian pilih “Open”. Pilih dokumen PDF yang akan diaktifkan fasilitas komentarnya. Lalu klik tombol “Open”
  3. Setelah terbuka, pilih menu “Document”
  4. Pilh “Enable for Commenting and Analysis in Adobe Reader” dari menu dropdown yang muncul. Kotak dialog pun akan muncul sebagai tanda bahwa Kamu telah mengubah settingan default­-nya. (“Reader Enable Document for Commenting”) Lalu klik “Ok”.
  5. Klik “Save a Copy” saat muncul kotak dialog  “Save”. Pilihlah nama baru untuk dokumen tersebut, misalnya :
    • nama awal : laporan keuangan 1
    • nama baru : laporan keuangan 2
Ingat, saat fasilitas komentar pada dokumen PDF sudah diaktifkan maka dokumen tersebut tidak dapat diedit kembali. Oleh karena itu, “Save a copy” akan membuat salinan dari dokumen tadi sehingga Kamu bisa mengeditnya lagi suatu saat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.