Windows Phone Lebih Laris Ketimbang Blackberry


Ketatnya persaingan iOS dan Android di pasaran sepertinya membuat kita sedikit lupa dengan salah satu vendor yang sempat hits dengan "symbian" nya. Ya... itulah Nokia. Namun kini Nokia seakan berusaha untuk bergabung dalam persaingan itu dengan meluncurkan ponsel berbasis Windows Phone. Walaupun masih baru, tidak selayaknya kita merendahkan popularitas Windows Phone di pasaran. Pasalnya sistem operasi besutan Microsoft itu mampu mengalahkan ketenaran Blackberry.

Laporan yang dirilis dari data bulan Maret 2013 itu memperlihatkan bahwa Windows Phone menguasai pangsa pasar sebesar 1,50%. Tergolong kecil untuk menempatkannya di posisi ke-4, di bawah Java ME.
Tapi kabar baiknya, Windows Phone masih lebih baik dari Blackberry yang menempati posisi ke-5 dengan market share sebesar 1,38%. Demikian menurut sumber Neowin, Rabu, 3 April 2013.

Namun laporan ini menjadi kabar buruk bagi Blackberry, pasalnya sejak peluncuran Blackberry 10 dan Z10 beberapa bulan yang lalu ternyata kondisi tersebut tidak mampu mengatrol posisi perusahaan asal Kanada tersebut. Jika dibandingkan dengan bulan Februari, sebetulnya kedua perusahaan ini tidak jauh berbeda. Pangsa pasar BlackBerry sebesar 1,39% sedangkan Windows Phone 1,39%. Nah, sedangkan posisi pertama masih dikuasai oleh iOS dengan market share 61,41% disusul Android dengan pangsa 24. 85%.


Sebelumnya, Microsoft mengklaim penjualan handset berbasis Windows Phone sudah cukup menggembirakan. Bahkan mereka menyatakan bahwa Windows Phone lebih laris dari BlackBerry dan iPhone di beberapa negara.


"Windows Phone mencapai pangsa pasar 10% di beberapa negara dan menurut laporan terakhir IDC, pengapalannya melampaui BlackBerry di 26 wilayah dan melampaui iPhone di 7 negara," kata Frank X Shaw, Corporate Vice President Microsoft.



Akan tetapi, Shaw tidak menjelaskan secara detail di negara mana saja Windows Phone mengalahkan iPhone dan BlackBerry. Sedangkan data IDC yang diambil mungkin laporan kuartal terakhir 2012.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.