Tips Aman Bermain Instagram

Instagram... sebuah aplikasi berbagi foto milik Facebook yang memberikan layanan bagi penggunanya untuk mengambil maupun berbagi foto di jejaring sosial. Layanan ini sudah meluas dan tak sedikit penggunanya. Bermain instagram memang mengasyikkan karena pengguna dapat dimanjakan dengan berbagai fitur untuk mengkreasikan hasil jepretan foto agar terlihat lebih apik.

Namun, di balik kayanya fitur yang ditawarkan ternyata dalam aplikasi ini menyimpan banyak ancaman. Pengguna instagram dikhawatirkan akan tertipu dengan rayuan foto seksi dan iming-iming kucuran dolar, sehingga mereka akan terjebak menjadi korban scam, seperti yang dijabarkan Symantec Intelligence Report berikut ini. 

Tingkat pengamanan akun menjadi sangat penting untuk menghindari terjadinya kasus yang tidak diinginkan. Nah, simak tips singkat dari Symantec Intelligent Report berikut agar aman saat bermain instagram :
  • Atur akun Anda menjadi Private. Dengan cara ini Anda dapat menentukan siapa saja yang dapat memfollow Anda.
  • Tidak memfollow sembarang follower. Jika Anda curiga terhadap fiktifnya suatu akun, maka lebih baik diabaikan saja.
  • Tidak mengklik URL yang dipendekkan, kecuali Anda tahu URL tersebut akan mengarah kemana.
  • Opsional: Tidak mem-follow atau menerima follower tanpa foto. Pengecualian untuk peraturan ini adalah jika Anda mengenal orang tersebut. Beberapa orang suka melihat foto, namun tidak suka menampilkannya.
  • Terakhir, laporkan setiap akun atau komentar yang mencurigakan ke Instagram dan ikuti pedoman Privacy & Safety mereka.
Penjahat cyber memang memiliki sejuta akal bulus untuk mengelabuhi para pengguna dunia maya. Namun saat beroperasi di instagram, beberapa pelaku memiliki kesamaan modus, seperti :
  1. Menyamar sebagai 'wanita' dengan foto profil yang seksi
  2. Bio profil mereka mencakup quote, diikuti oleh sebuah URL yang dipendekkan
Yah... sebetulnya kejahatan seperti ini memang tidak hanya terjadi di instagram saja, bisa saja melalui email, facebook, dll. Oleh karena itu, lebih baik berhati-hatilah saat Anda mulai berselancar di dunia maya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.